Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Minimal Spek Komputer Video Editing yang Bagus

Spesifikasi komputer untuk video editing perlu Anda perhatikan untuk memaksimalkan proses produksi konten. Spek yang sangat penting diperhatikan dalam hal ini adalah RAM, VGA, dan prosesornya. Berikut ini adalah rekomendasi spek komputer video editing yang bagus beserta penjelasannya.

Komputer Video Editing

Ini Minimal Spek Komputer Video Editing yang Bagus

RAM Minimal 8 Hingga 16 GB

RAM  menjadi salah satu komponen yang sangat diperlukan untuk proses editing video. Kinerja dari RAM dan VGA yang saling bersinergi akan membantu proses pengeditan video menjadi lebih mudah dan ringan. Spesifikasi komputer untuk video editing sendiri setidaknya memiliki RAM 8-16 GB.

Apabila Anda terbiasa melakukan editing profesional dan ingin mengembangkannya, bisa menggunakan komputer dengan RAM 16 hingga 32 GB RAM. 

Baca juga : PC Nyala Tapi Monitor Mati? Ini Penyebabnya

RAM akan bekerja dua kali lipat ketika Anda menggunakan komputer untuk proses pengeditan video. Semakin besar ruang RAM akan sangat membantu kelancaran dari proses pengeditan video hingga selesai.

VGA CARD DDR5 2 GB 64-128 BIT

Anda harus memiliki VGA yang memadai untuk komputer yang digunakan dalam proses mengedit video. Keberadaan VGA sangat diperlukan dalam proses tersebut. Pemilihan kartu VGA untuk spek komputer editing harus Anda perhatikan dengan baik-baik.

VGA akan bekerja ketika Anda menambahkan efek-efek seperti after efek. Standar minimal dari VGA Card yakni 2 GB atau 4 GB untuk komputer jenis ini. Untuk modelnya minimal dengan menggunakan DDR5. DDR5 merupakan perangkat lunak dengan menggunakan versi terbaru. 

Anda juga bisa menggunakan GTX 1050, RTX 3060, atau RX 570. Dengan memenuhi salah satu spesifikasi dalam hal VGA yang memadai, Anda bisa melakukan proses editing dengan lancar dan komputer menjadi tidak mudah ngelag.

Processor

Spesifikasi komputer video editing berikutnya yang penting diperhatikan adalah processornya. Untuk mengedit video sangat disarankan untuk menggunakan 4 Core atau Core I 3 minimalnya. 

Semakin tinggi versi prosesor Core yang Anda gunakan, semakin baik pula digunakan dalam proses pengeditan serta penyimpanan video.

Baca juga : Daftar Penyebab CPU Mati Sendiri

Processor sangat membantu ketika Anda akan melakukan rendering file video menjadi lebih cepat dari biasanya. Dalam processor terdapat encoder yang memiliki fungsi untuk memproses export atau rendering video dalam format mp4, avi, atau format yang sejenisnya.

Rendering dilakukan setelah proses pengeditan video untuk menghasilkan konversi dari video mentah yang telah dibuat serta diedit. Saat prose rendering, sistem kerjanya akan bergantung dari peran processor yang dibantu RAM atau Memori serta SSD Drive yang memadai.

Rekomendasi untuk Versi Core

Jika lebih suka Intel, Anda dapat menggunakan processor ini versi terbaru. Adapun beberapa serinya yakni Core I3 Gen 8 atau 11, Core i5 gen 8 atau 11, Core i7 gen 8 atau 11, dan Core i9. 

Untuk Anda yang memiliki budget minim namun tetap ingin melakukan editing video dengan mudah bisa memilih seri Core i3 gen 8.

Rekomendasi untuk Versi AMD

Ketika Anda ingin membeli komputer dengan processor AMD, maka bisa menggunakan salah satu dari dua serinya. Kedua seri dari AMD yang bagus adalah Ryzen 5 3600 kali atau menggunakan 5000 kali series untuk versi yang terbaru. Sedangkan seri yang kedua adalah Ryzen 7 3700 kali atau 5000 kali.

Setelah Anda mengetahui beberapa spek dari masing-masing komponen yang tepat untuk komputer video editing, Anda bisa merakit komputer sesuai dengan spek yang diinginkan. Sebagai contohnya adalah komputer dengan processor Intel Core i5, RAM DDR3 viper, dan VGA GTX 550 1 GB DDR5.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.