Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Aplikasi Pengolah Angka yang Harus Diketahui

Sudahkah Anda paham mengenai pengertian aplikasi pengolah angka? Mengapa begitu perlu? Kemajuan teknologi di bidang elektronika saat ini tentu memberi banyak manfaat kepada semua orang apalagi untuk mempermudah mereka dalam menyelesaikan pekerjaan mereka dan mempermudah untuk bisa mendapatkan semua informasi yang diperlukan dengan tujuan untuk melancarkan pekerjaan mereka. 

Pengertian Aplikasi Pengolah Angka

Informasi itu bisa seperti informasi tentang keuangan misalnya. Informasi tentang keuangan ini pun diperoleh dengan cara melihat laporan keuangan. Laporan keuangan ini sendiri juga bisa dibuat secara manual atau dengan cara komputerisasi. Dewasa ini bahkan sudah menyusun laporan keuangan dengan komputerisasi yang mana begitu diperlukan karena bisa menghasilkan laporan dengan cepat efektif.

Pengertian Aplikasi Pengolah Angka

Aplikasi untuk bisa mengolah angka atau pengertian aplikasi pengolah angka merupakan suatu aplikasi atau program komputer yang mana secara umum dipakai untuk melakukan manipulasi, menangkap, perhitungan, juga untuk menampilkan data yang disusun ke dalam bentuk kolom dan juga baris yang mana lebih mudah dilakukan pengaturan dan penyesuaian.

Aplikasi pengolah angka atau spreadsheet ini pun nyatanya juga bisa digunakan untuk berbagai pekerjaan mulai dari membuat laporan keuangan, penjualan, pembelian, perhitungan rumus, tabel lembar kerja, analisis data, dan kegunaan lainnya yang bisa memakai aplikasi ini.

Pertanyaannya adalah apakah aplikasi untuk mengolah angka yang mana ini sama dengan aplikasi basis data? Jawabannya tidak. Pada dasarnya kedua hal di atas adalah dua hal yang berbeda.

Bahkan jika dilihat dari pengertian aplikasi pengolah angka atau spreadsheet yang sudah disampaikan di atas, bisa diketahui jika kedua ini merupakan dua hal yang berbeda dan tidak saling berhubungan.

Spreadsheet sendiri tidak menawarkan keberadaan fungsi kueri untuk basis data juga tidak menyediakan item data dan struktur data yang bisa diberi label sebagai basis data. Sebagai informasi, pengembang pertama aplikasi untuk bisa mengolah angka atau spreadsheet adalah Bob Frankston dan juga rekan bernama Daniel Bricklin. Dimana kedua tokoh ini merupakan pelopor pengembangan spreadsheet melalui aplikasi yang disebut dengan VisiCalc.

Baca juga : Inilah Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis

Paska pengembangan tersebut, keberadaan berbagai program pengolah angka pun akhirnya terus mengalami perkembangan. Sehingga akhirnya bsemakin banyak bermunculan aplikasi-aplikasi untuk bisa mengolah angka yang dikembangkan oleh sejumlah developer.

Kehadiran berbagai aplikasi pengolah angka ini pun justru semakin memudahkan pekerjaan manusia yang berhubungan dengan urusan kantor dan juga hal yang melibatkan data, grafik, dan untuk analisisnya.

Fungsi Aplikasi Pengolah Angka

Bukan hanya mengerti mengenai pengertian aplikasi pengolah angka namun juga harus tahu tentang fungsinya. Secara sederhana, aplikasi untuk mengolah angka memiliki peran utama untuk memproses data yang telah disajikan dalam bentuk angka-angka, diantaranya:

1. Membuat Tabel Data

Seperti yang sudah Anda ketahui, pada beberapa sektor bisnis dan industri diperlukan untuk membuat berbagai macam hal seperti laporan dan lain sebagainya. Biasanya, salah satu bentuk yang dipakai untuk menyajikannya aitu dengan menggunakan tabel data.

Baca juga : Inilah 5 Aplikasi Pengolah Kata yang Banyak Digunakan

2. Mengolah dan Membuat Grafik

Fungsi penting dari aplikasi yang selanjutnya yang emmang wajib untuk Anda ketahui yaitu bisa digunakan sebagai sarana untuk mengelola angka lalu menampilkannya dalam bentuk grafik. Memang tidak bisa dipungkiri jika angka dan data adalah dua hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. 

3. Membantu dalam Dunia Statistik

Jika kita berbicara tentang angka, data, grafik, dan lain tentu tidak akan bisa dilepaskan dari yang namanya statistik. Hal ini disebabkan, beberapa komponen yang mempunyai keterkaitan dengan dunia statistik. 

Dari semua penjabaran ini bisa disimpulkan jika aplikasi pengolah angka ini masih begitu berperan penting dalam segala aspek seperti untuk laporan keuangan.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.