Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Fungsi Komputer di Era Saat Ini?

Penggunaan perangkat komputer saat ini sangat masif. Lalu, sebenarnya apa fungsi komputer di era saat ini. Tentu saja fungsi tersebut sangat kompleks, dan mencakup berbagai bidang kehidupan. Untuk lebih detailnya, berikut beberapa di antaranya.

apa fungsi komputer

Apa Fungsi Komputer di Era Saat Ini?

1. Membuat Pekerjaan Menjadi Lebih Mudah dan Cepat

Salah satu manfaat dari komputer yakni membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Saat ini, komputer telah menjadi kebutuhan primer bagi pekerja kantoran dan pelajar baik dari tingkat sekolah dasar hingga ke perguruan tinggi.

Dalam dunia pendidikan, komputer sangat bermanfaat untuk membantu para guru maupun murid. Pasalnya, hampir setiap ujian dilaksanakan secara online dan KBM juga sering dilakukan secara daring. Sedangkan dalam dunia kerja, komputer dapat mempercepat terselesaikannya pekerjaan.

2. Sebagai Sarana Komunikasi

Manfaat kedua dari komputer adalah sebagai media untuk berkomunikasi, dan menjalin hubungan secara online. Perkembangan komputer sebagai sarana telekomunikasi mampu menggantikan fungsi dari telepon rumah yang sering digunakan oleh sebagian besar orang pada zaman silam.

Baca juga : Ini Minimal Spek Komputer Video Editing yang Bagus

Anda dapat memanfaatkan aplikasi yang terpasang dalam komputer untuk media komunikasi dengan kerabat jauh, teman, saudara, atau yang lainnya melalui email atau media sosial.

3. Sebagai Gudang Informasi yang Global

Komputer juga memiliki manfaat sebagai gudang informasi karena menyediakan banyak informasi penting dari berbagai penjuru negara. Adanya komputer dan internet, mampu membantu banyak orang untuk menggali dan mendapatkan informasi secara cepat. 

Informasi tersebut dapat diperoleh melalui website berita, majalah online, atau pesan email. Selain sebagai gudang informasi, komputer juga menjadi media untuk menghubungkan banyak orang dengan berbagi informasi yang bisa didapatkan secara mudah.

4. Sebagai Media yang Digunakan untuk Menghasilkan Uang

Apa fungsi komputer berikutnya? Fungsinya juga sebagai media untuk mendapatkan penghasilan. Anda bisa mendapatkan uang menggunakan komputer dan internet dengan berbagai cara.  Salah satunya adalah dengan membuat konten seperti artikel, video pendek, atau video materi.

Baca juga : PC Nyala Tapi Monitor Mati? Ini Penyebabnya

Konten tersebut dapat dipasangkan iklan dan Anda bisa mendapatkan uang melalui hal tersebut. Untuk pemasangan iklan, Google telah menyediakan kemudahan untuk para pengguna dalam bekerjasama untuk meningkatkan persentase orang menggunakan internet.

Anda hanya perlu melakukan pendaftaran melalui Google Adsense. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan uang dengan memanfaatkan komputer untuk membuat materi atau artikel.

5. Sebagai Media utama Para Programmer

Teknologi komputer yang sangat canggih memberikan kesempatan bagi para programmer untuk menciptakan inovasi dalam bidang informasi dan teknologi. Programmer dapat memaksimalkan ide-idenya untuk menjadi sebuah sistem yang berkualitas dengan menggunakan komputer.

6. Sebagai Media Hiburan

Selain sebagai gudang informasi dan mempercepat sebuah pekerjaan, komputer juga memiliki manfaat dalam hal hiburan. Anda bisa memanfaatkan komputer sebagai media untuk hiburan. Jenis hiburan yang ditawarkan bisa dalam bentuk game, video, atau streaming film.

Komputer merupakan salah satu alternatif untuk penggunanya menemukan kebahagiaan melalui berbagai program-program yang disediakan dan telah terpasang dalam perangkat. 

7. Sebagai Media untuk Menunjang Pendidikan

Komputer juga digunakan sebagai alat untuk menunjang pendidikan di era sekarang ini. Sebagian besar sekolah mendidik siswa untuk memanfaatkan komputer dan internet untuk menunjang pendidikan.

Sebagai generasi di masa depan, setiap siswa harus bisa menggunakan serta memanfaatkan komputer dengan bijak dan tepat. Selain itu, komputer juga bisa digunakan untuk mengakses e-book.

Setelah mempelajari mengenai apa fungsi komputer dalam kehidupan saat ini, Anda tentu juga merasakan manfaat yang positif dari keberadaan dan penggunaan komputer. Jadi, manfaatkan perangkat ini dengan baik.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.