Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Pengertian Perangkat Lunak, Tujuan dan Contohnya

Bagian dari sistem komputer itu biasanya terdiri dari hardware atau perangkat keras, brainware atau pengguna, dan software atau perangkat lunak untuk melakukan sistem input, proses, dan output. 

Dari ketiga elemen tersebut, bisa dikatakan jika perangkat lunak atau software adalah komponen yang tidak dapat dilihat secara fisik. Lalu bagaimana dengan pengertian perangkat lunak?

Pengertian Perangkat Lunak

Pengertian Perangkat Lunak

Perangkat lunak komputer atau software bisa diartikan sebagai istilah umum untuk berbagai program yang berisi instruksi mengenai mengoperasikan komputer atau perangkat keras terkait. 

Pengertian perangkat lunak dalam bahasa Indonesia ini pun biasanya disebut juga dengan perangkat lunak, karena software tidak bisa di pegang namun dapat dioperasikan.

Baca juga : Pengertian Perangkat Keras dan Fungsinya

Software ini pun juga bsia disimpan di berbagai komponen perangkat keras. Software ini pun dapat dioperasikan dengan manual oleh pengguna di media penyimpanan misalnya seperti di Hardisk, SSD, juga DVD.

Tujuan Perangkat Lunak

Bukan hanya mengetahui mengenai pengertian perangkat lunak, namun kamu juga harus tahu tujuan software, dimana berdasarkan tujuan software dapat dibagi menjadi beberapa, seperti:

1. Aplikasi Perangkat Lunak 

Aplikasi perangkat lunak atau software application merupakan perangkat lunak yang menggunakan sistem komputer dengan tujuan untuk melakukan fungsi khusus atau menyediakan fungsi hiburan di luar sistem operasi dasar komputer itu sendiri.

2. Perangkat Lunak Sistem

Perangkat lunak sistem adalah sebuah perangkat lunak yang secara langsung mengoperasikan perangkat keras komputer, yang mana bertujuan untuk menyediakan fungsionalitas dasar yang dibutuhkan oleh pengguna dan perangkat lunak lain juga untuk menyediakan platform untuk bisa menjalankan aplikasi perangkat lunak.

3. Perangkat Lunak Berbahaya

Perangkat lunak berbahaya atau yang biasa disebut dengan malware merupakan perangkat lunak yang dikembangkan untuk sebuah tujuan membahayakan dan mengganggu komputer. Ini artinya, artinya pengguna komputer manapun tidak ingin perangkat lunak ini. 

Baca juga : PC Nyala Tapi Monitor Mati? Ini Penyebabnya

Contoh Aplikasi Perangkat Lunak

Perangkat lunak saat ini sudah menjadi sesuatu yang penting dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam meningkatkan produktivitas kerja. Ada banyak kategori software yang digunakan sesuai dengan fungsi dan keperluan pengguna. Dan ini adalah beberapa contoh aplikasi software yang sering digunakan:

1. Software Browser

Sama seperti namanya, software ini pun mempunyai fungsi sebagai mesin pencari situs untuk memeperoleh berbagai informasi secara online. Beberapa di antaranya adalah Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox, dan lainnya.

2. Microsoft Office

Software ini sangat berguna untuk mempermudah dalam berbagai pekerjaan kantor, seperti perangkat lunak pengolah kata, pengolah angka, media presentasi, dan lainnya. Contohnya seperti Microsoft Excel, Word, Outlook, juga di Powerpoint.

3. Paint Software

Software yang dimanfaatkan untuk mengolah gambar atau desain, mulai dari proses membuat suatu gambar bahkan sampai editing desain dapat dilakukan dengan beberapa perangkat lunak ini, yaitu Adobe Photoshop, Coreldraw, Paint, dan lainnya.

4. Software Anti-Virus

Aplikasi perangkat lunak ini bertujuan untuk mencegah masuknya serangan virus yang dapat merusak sistem ke dalam komputer. Antivirus ini pun akan berperan penting untuk mencegah komputer dari serangan virus yang mungkin masuk ketika kamu download file online atau dari USB yang tersambung ke komputer. Contoh software anti virus ada Smadav, AVG, Norton, dan lainnya.

Bagaimana? Sudah tahu pengertian perangkat lunak, tujuannya serta contoh aplikasinya bukan? Semoga informasi ini bisa membantu Anda.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.