Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Merk Laptop Terbaik yang Recommended Saat Ini

Laptop seperti sudah menjadi kebutuhan primer yang baru, terutama untuk mendukung kegiatan seperti meeting online, mengerjakan tugas, dan sebagainya. Sebenarnya ada banyak merk yang dapat dipilih dengan kelebihan masing-masing. Namun, berikut adalah beberapa daftar merk laptop terbaik.

Daftar Merk Laptop Terbaik

Daftar Merk Laptop Terbaik

Axioo My Book 14H

Daftar pertama dimulai dari Axioo My Book 14H. Menjadi salah satu merk laptop dalam negeri, sepertinya Axioo tidak mau kalah dengan pesaing-pesaing lainnya. Hal tersebut terbukti dari bagaimana kualitas yang dapat dilihat di laptop ini.

Axioo My Book 14H mempunyai desain minimalis dengan tulisan Axioo di bagian tengah. Selain itu, Anda juga dapat memilih berbagai pilihan warna, salah satunya adalah abu-abu. Dengan desain seperti itu, tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk memilikinya.

Salah satu kelebihan dari laptop ini adalah bagian lapisan luar yang tidak mudah kotor saat dipegang dan meninggalkan sidik jari. Selain itu, Axioo My Book 14H juga sudah menggunakan body berbahan polikarbonat sehingga cukup nyaman saat dibawa dan hanya berbobot 1 kg saja.

Dibekali dengan prosesor Intel Celeron N4020, RAM 4 GB, ROM 256 GB, dan kartu grafis Integrated Intel HD Graphics, sepertinya laptop ini masih mumpuni untuk mengerjakan berbagai aktivitas seperti mengerjakan tugas, mengetik, browsing, atau desain grafis ringan.

Untuk harga, Anda bisa mendapatkan Axioo My Book 14H dengan merogoh kocek sekitar 4 juta rupiah saja dalam kondisi baru. Harga tersebut sepertinya cukup sepadan dengan kualitas yang didapatkan, apalagi untuk sebuah laptop ringan dan fleksibel dibawa ke mana-mana.

Baca juga : LCD Komputer Bergaris : Penyebab dan Cara Mengatasinya 

Apple MacBook Air M1 

Daftar merk laptop terbaik yang berikutnya adalah Apple MacBook Air M1. Kualitas produk-produk Apple memang tidak perlu diragukan lagi, termasuk laptop ini. Sejak dirilis pada 2020, sampai sekarang laptop tersebut masih menjadi salah satu pilihan banyak orang karena memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Untuk mendapatkannya, Anda perlu mengeluarkan budget sekitar 16 juta rupiah. Dengan laptop ini, hampir semua pekerjaan bisa dilibas dengan tuntas seperti mengedit dokumen, mengedit foto, mengedit video, meeting online, dan masih banyak lagi.

Terdapat 3 warna yang dapat dipilih, yaitu silver, gold, dan abu-abu. Dengan desain yang ringan dan tipis, laptop ini sangat nyaman untuk dimasukkan ke tas dan dibawa ke mana saja. Selain itu, Apple MacBook Air M1 juga memiliki kelebihan di sektor performa.

Hal tersebut dikarenakan CPU 8-core dengan kecepatan tinggi sudah tertanam di dalamnya. Pengguna akan dimanjakan dengan kecepatan dalam menjalankan berbagai software. Meskipun harganya tergolong tinggi, namun kelebihan inilah yang membuatnya tetap laris di pasaran. 

Dell Latitude 11 3190

Seperti tidak mau kalah dalam persaingan, Dell pun mencoba merilis beberapa produk terbaik mereka, salah satunya adalah Dell Latitude 11 3190. Diluncurkan pada 2022, laptop ini sangat layak masuk dalam daftar merk laptop terbaik di Indonesia saat ini.

Kelebihan cukup menonjol dari laptop ini adalah fasilitas touch screen yang dihadirkan. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot membawa mouse ketika bepergian. Semua navigasi akan terasa lebih mudah dengan slide dan tap dari ujung jari saja.

Bahkan, fitur touch screen ini juga membuat laptop tersebut dapat Anda manfaatkan seperti tablet karena tersedia berbagai mode seperti flat, tent, dan tablet. Untuk kepentingan desain, Anda bisa menggunakan Dell MPP Active Pen untuk menggambar secara bebas.

Spesifikasi Dell Latitude 11 3190 juga bisa dibilang sangat mumpuni. Pasalnya, laptop ini telah dibekali OS Windows 10 pro, prosesor Intel Pentium Silver N5030, RAM 4 GB, dan kartu grafis Intel UHD graphics. Dengan spesifikasi tersebut, Anda bisa meminang laptop ini hanya dengan 5 jutaan rupiah saja.

Toshiba Portege X20W

Jika Anda sedang mencari laptop spesifikasi tinggi dengan harga di bawah 10 juta rupiah, sepertinya Toshiba Portege X20W bisa menjadi pilihan yang tepat. Bayangkan saja, dengan 7 jutaan rupiah saja, Anda sudah mendapatkan laptop dengan prosesor Intel Core i7.

Dengan chipset tersebut, maka semua pekerjaan berat dapat dilibas dengan mudah. Tidak heran jika Toshiba Portege X20W termasuk dalam salah satu laptop terbaik untuk saat ini. Selain itu, layarnya yang berukuran 12,5 inci menjadikannya lebih ringkas untuk dibawa ke mana-mana.

Selain chipset yang mumpuni, kelebihan lain dari laptop ini adalah layarnya telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 4. Dengan demikian, Anda tidak akan mudah lelah ketika terus menatap layar dalam waktu lama. 

Berbicara mengenai spesifikasi lengkapnya, laptop ini telah dibekali RAM 8 GB, penyimpanan SSD 256GB, resolusi full HD 1920 x 1080 pixel, dan kartu grafis HD Graphics 620. Menariknya, dalam kondisi baterai penuh, Toshiba Portege X20W dapat bertahan hingga 15 jam untuk pemakaian normal.

Baca juga : Komputer Mainframe: Pengertian, Ciri-ciri, dan Fungsinya

HP ENVY 13

Daftar merk laptop terbaik berikutnya adalah HP ENVY 13. Dibanderol dengan harga mulai dari 15 juta rupiah, laptop ini memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni, salah satunya adalah chipset Intel Core i5-8265U. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk mengerjakan tugas-tugas berat dengannya.

HP ENVY 13 mempunyai desain yang cukup unik. Ketika layar dibuka, maka bagian engsel secara otomatis akan mengangkat permukaan keyboard sehingga lebih nyaman untuk mengetik. Hal ini juga membuat sirkulasi udara di bawahnya menjadi lancar.

Untuk segi kapasitas memori, laptop ini dibekali memori yang cukup besar, yakni RAM 16 GB dan penyimpanan SSD 512 GB. Dengan kapasitas tersebut, semua aplikasi bisa dijalankan dengan lancar tanpa harus mengalami lag yang mengganggu.

Dengan spesifikasi di atas, bisa dibilang bahwa HP ENVY 13 sangat cocok untuk digunakan dalam keperluan apapun, baik itu untuk mahasiswa, karyawan, pekerja kreatif, kegiatan editing, dan lain-lain. Jadi, laptop ini bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk Anda.

ASUS VivoBook Flip 14

Dinilai berhasil dalam merilis seri ROG, ASUS sepertinya masih ingin memberikan sesuatu yang lebih untuk para penggunanya. Hal tersebut diwujudkan dalam peluncuran ASUS VivoBook Flip 14. Laptop ini termasuk salah satu yang paling banyak diburu oleh pecinta ASUS.

Mengenai performa yang dihadirkan, Anda tidak perlu khawatir karena laptop ini telah dibekali chipset Intel Core i7, RAM 8 GB, storage 500 GB, dan kartu grafis Nvidia GT 930MX 2 GB. Dari spesifikasi tersebut, memang layak jika ASUS VivoBook Flip 14 termasuk salah satu daftar merk laptop terbaik di Indonesia.

Laptop yang dibanderol dengan harga mulai 10 juta rupiah ini memiliki fitur yang cukup unik, yakni layarnya yang dapat dilipat seperti tablet. Hal tersebut juga didukung dengan fitur layar sentuh sehingga Anda dapat lebih mudah mengoperasikannya.

MSi GF 63 Thin

Laptop ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki performa stabil yang mampu melibas berbagai aplikasi editing dan game berat. Dengan chipset Intel Core i5, RAM 8 GB, ROM 512 GB, serta kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1650, semua aplikasi berat dapat dilibas dengan mudah.

Desain laptop ini juga cukup simpel namun tetap elegan dengan aksen warna merah di bagian keyboard. Terlebih lagi layar yang digunakan sudah menggunakan thin bezel sehingga membuatnya tampak lebih ringkas dan tipis.

Satu hal yang tidak kalah menarik adalah fitur anti-glare sudah disematkan di laptop ini. Dengan fitur tersebut, mata Anda akan tetap merasa nyaman meskipun bermain game dalam waktu lama bahkan di malam hari sekalipun. 

Untuk mendapatkan MSi GF 63 Thin, Anda perlu merogoh kocek sekitar 15,6 juta rupiah. Angka tersebut masih sangat wajar mengingat pengalaman bermain game yang diberikan juga luar biasa. Bahkan, laptop ini juga memiliki mode silent yang berguna untuk menghilangkan suara bising pada kipas.

ASUS ROG Zephyrus G14

Tidak adil rasanya jika ASUS ROG Zephyrus G14 tidak dimasukkan dalam daftar merk laptop terbaik saat ini. Bagaimana tidak, laptop ini telah dibekali dengan prosesor AMD Ryzen 4000 series yang mampu melibas berbagai macam game-game berat dengan sangat baik.

Untuk harga yang harus dibayar, semua tergantung dari pilihan prosesor dan ruang penyimpanan yang dimiliki. Akan tetapi, secara garis besar Anda bisa mendapatkan laptop ini dengan budget mulai dari 20 juta rupiah.

Apakah angka tersebut termasuk tinggi? Jika dibandingkan dengan spesifikasi dan fitur yang dimiliki, bisa dibilang jawabannya adalah tidak. Dengan chipset yang dimiliki dan didukung RAM 8GB serta penyimpanan hingga 1 TB, tidak heran jika semua aktivitas berat dapat dijalankan dengan baik.

Selain itu, ASUS ROG Zephyrus G14 juga telah dibekali 2 speakers berteknologi Smart AMP Technology dengan Array Microphone. Dengan speaker tersebut, laptop ini dapat menghasilkan suara yang benar-benar mantap meskipun tanpa headset sekalipun. 

Meskipun memiliki spesifikasi yang mumpuni, ASUS sepertinya tidak melepaskan fokus pada segi desain. Ukuran yang kecil dan ringkas serta bobot hanya sekitar 1,6 kg membuatnya cukup nyaman untuk dibawa bepergian. 

Acer Swift 3

Acer sepertinya tidak ingin kalah dalam persaingan laptop yang terbilang cukup ketat di Indonesia. Dengan meluncurkan Acer Swift 3, laptop ini sangat layak masuk dalam jajaran daftar merk laptop terbaik untuk dipilih. 

Dengan desain yang stylish berbahan cover 100% metal dan bobot yang sangat ringan menjadikan laptop tersebut menjadi primadona bagi para mahasiswa. Belum lagi fitur fingerprint scanner dapat memudahkan untuk menjalankan berbagai kegiatan secara aman.

Acer Swift 3 mempunyai spesifikasi yang patut diacungi jempol. Pasalnya, dengan harga sekitar 10 juta rupiah, Anda sudah mendapatkan laptop dengan prosesor Intel Core i5, RAM 4GB, serta penyimpanan SSD 256 GB.

Ditambah dengan dukungan OS Windows 10, berbagai aktivitas multitasking bisa dijalankan dengan sangat baik tanpa khawatir mengalami lag. Menariknya lagi, dengan baterai yang bertahan hingga 12 jam membuat Anda tidak perlu risau saat menggunakannya di luar ruangan.

Acer Nitro 5

Satu lagi produk dari Acer dengan performa yang tidak kalah bagus, yakni Acer Nitro 5. Bisa dibilang seri ini memiliki beberapa varian yang dapat dipilih, namun semua masih identik dengan daya tahan baterai yang sangat baik.

Acer Nitro 5 merupakan kombinasi antara CPU AMD Ryzen dengan Nvidia Turing sehingga menghasilkan performa menawan untuk melibas berbagai kegiatan berat seperti gaming, editing, dan desain. Desain yang dimiliki juga sangat apik dan menekankan karakter laptop gaming pada umumnya.

Berbicara mengenai kelebihan, salah satu yang membuat laptop ini layak masuk dalam daftar merk laptop terbaik adalah keyboard yang empuk dan dilengkapi backlit untuk mengetik di kegelapan. Sayangnya, bodi yang digunakan masih berbahan plastik sehingga terlihat cukup ringkih.

ASUS ZenBook Duo UX481FA

Bisa dibilang saat ini ASUS ZenBook Duo UX481FA menjadi salah satu laptop dual screen dengan harga yang paling murah. Pasalnya, fitur tersebut memang lebih sering ditemui pada laptop berharga tinggi. Jadi, laptop ini bisa menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda.

ASUS ZenBook Duo UX481FA hadir dengan desain mewah dan futuristik, lalu dipadukan dengan engsel Ergo Lift sehingga terlihat lebih menawan. Dengan dibekali chipset Intel Core i5 generasi Comet Lake, Anda tidak perlu khawatir mengenai betapa bagus performanya.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, laptop ini memiliki dual screen berteknologi Nano Edge Display berukuran 14 inci dan resolusi full HD 1920 x 1080 pixel. Dengan teknologi tersebut, gambar akan terlihat lebih tajam dan nyaman untuk dipandang dalam waktu lama.

Keunggulan yang membuatnya layak masuk dalam daftar merk laptop terbaik adalah bagian layar keduanya. Pasalnya, layar tersebut memiliki fitur touch screen dengan resolusi full HD yang mendukung fungsi handwriting, organizer, shortcut, dan masih banyak lagi.

Lenovo IdeaPad Slim 3

Daftar berikutnya diisi oleh Lenovo IdeaPad Slim 3 yang terkenal dengan desain yang ramping namun tetap stylish. Ada beberapa varian warna yang bisa dipilih mulai dari grey, cherry red, abyss blue, serta business black dengan karakternya masing-masing.

Dengan layar berukuran 14 inci berteknologi IPS dan resolusi full HD 1920 x 1080 pixel, pengguna benar-benar akan dimanjakan dengan visual yang jernih. Selain itu, laptop ini juga sudah menggunakan kartu grafis AMD yang terkenal kualitasnya untuk urusan gaming dan desain. 

Bahkan, untuk beberapa varian tertentu, laptop ini telah dilengkapi fitur fingerprint untuk keamanan yang lebih baik. Apabila ingin mendapatkan Lenovo IdeaPad Slim 3, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 7 hingga 8 juta rupiah saja, tergantung dari spesifikasinya.

Dell Inspiron 14 5485

Daftar merk laptop terbaik yang terakhir adalah Dell Inspiron 14 5485. Dengan harga yang cukup terjangkau, laptop ini sepertinya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan akademis, baik itu mahasiswa, pengajar, maupun pekerja kreatif.

Dell Inspiron 14 5485 telah dilengkapi prosesor AMD Ryzen 5 yang terkenal cukup ampuh untuk melibas berbagai aktivitas berat seperti desain, rendering, atau gaming. Hal tersebut juga didukung dengan RAM 8 GB serta kartu grafis AMD Radeon Vega 8.

Untuk urusan suara sepertinya tidak perlu dipertanyakan lagi. Pasalnya, laptop ini telah didukung teknologi Waves Maxx Audio Pro sehingga mampu menghasilkan suara yang jernih dan lantang. Semua itu bisa Anda dapatkan hanya dengan budget 9 juta rupiah.

Dari sisi fitur, bisa dibilang Dell Inspiron 14 5485 cukup lengkap, mulai dari adanya 3 port USB, port HDMI, card reader, Bluetooth, fingerprint, web camera, backlit keyboard, dan masih banyak lagi. Yang jelas, seluruh pekerjaan Anda akan dimudahkan oleh laptop tersebut.

Itulah tadi beberapa daftar merk laptop terbaik yang bisa Anda pilih. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki, apakah untuk desain, editing, ataupun gaming. Pastinya, semua rekomendasi di atas sangat layak untuk dicoba.

Baca juga:  Spesifikasi Komputer untuk Coding yang Direkomendasikan