Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Rekomendasi Bisnis Online untuk Pelajar yang Bisa Dicoba

Saat ini bisnis online makin berkembang dan peminatnya menajdi makin banyak. Tak terkecuali bagi pelajar juga saat ini juga sudah banyak mendapatkan uang sendiri lewat bisnis online. 

Bisnis Online untuk Pelajar

10 Rekomendasi Bisnis Online untuk Pelajar

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa rekomendasi bisnis online untuk pelajar dengan modal yang relatif kecil.

1. Jual Pulsa dan Paket Data

Di masa kini, pulsa dan paket data telah menjadi salah satu kebutuhan utama. Selain untuk berkomunikasi, pulsa dan paket data juga diperlukan untuk keperluan bisnis, ataupun edukasi. Hal tersebut membuat keduanya harus selalu ada setiap saat.

Setidaknya, satu kali dalam satu bulan, pengguna akan mengisi ulang pulsa atau paket datanya. Hal tersebut membuat rekomendasi bisnis ini cukup menjanjikan dan tidak akan sepi pembeli. Anda dapat mencari penyuplai pulsa dan paket data secara online.

Bahkan, saat ini para e commerce ternama pun dapat Anda jadikan supplier. Umumnya, Anda hanya perlu mendaftarkan diri menjadi mitra e commerce tersebut, dan bisnis pulsa dan paket data dapat dilakukan. Anda juga dapat terlebih dahulu meninjau dan membandingkan harga yang paling sesuai.

2. Reseller Produk 

Menjadi reseller ini memungkinkan Anda dapat berjualan tanpa perlu memikirkan proses produksi yang tergolong menyita tenaga dan pikiran. Anda dapat menjual kembali produk apapun.

Untuk menjadi reseller, Anda perlu mencari penyuplai barang yang memberikan harga di bawah harga jual. Umumnya, supplier akan mematok minimal pembelian untuk memperoleh harga grosir. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan sejumlah dana untuk modal awal pembelian ke supplier.

Apabila Anda tidak memiliki modal yang cukup, maka dapat diterapkan sistem pre-order. Dengan begitu, Anda  dapat melakukan pembelian ke supplier setelah dana pesanan terkumpul.

3. Dropshipper Produk

Dropshipper dapat menjadi pilihan bisnis online berikutnya jika Anda sama sekali tidak memiliki modal. Menjadi dropshipper maknanya Anda hanya perlu memasarkan produk saja. Sementara itu, yang mengurus pengemasan dan pengiriman produk sepenuhnya dilakukan oleh supplier.

Baca juga : 11 Cara Jualan Online Shop untuk Pemula 

Oleh karena itulah, Anda perlu rajin dan konsisten dalam memasarkan produk. Langkah ini perlu dilakukan agar Anda dapat bersaing dan menjangkau pasar yang lebih luas.

4. Join Program Afiliasi

Rekomendasi bisnis online untuk pelajar berikutnya adalah dengan mengikuti program afiliasi. Program afiliasi adalah salah satu bentuk lain dari pemasaran. Apabila Anda mengikuti program ini, nantinya Anda akan memperoleh link atau URL khusus untuk dibagikan.

Link tersebut akan langsung mengarah pada website supplier. Apabila melalui link tersebut ada yang melakukan pembelian, maka Anda akan memperoleh komisi sesuai yang ditetapkan.

Untuk mengikuti program afiliasi, Anda perlu mencari supplier yang membuka kesempatan ini. Umumnya, e commerce banyak yang menyediakan program ini. Anda hanya perlu melakukan pendaftaran dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang diberikan.

5. Jasa Desain

Bisnis tidak melulu berkaitan dengan menjual suatu produk saja. Keterampilan pun dapat Anda jadikan bisnis. Salah satu keterampilan yang dapat dijadikan bisnis adalah skill dalam mendesain. Bisnis satu ini tentu saja akan sangat cocok bagi Anda yang hobi mendesain.

Saat ini, desain grafis banyak dibutuhkan oleh perusahaan khususnya untuk melakukan branding melalui media sosial. Anda juga dapat memanfaatkan platform media sosial Anda untuk dijadikan portofolio.

6. Jadi Fotografer

Ide bisnis satu ini cocok bagi Anda yang memiliki hobi fotografi. Jasa foto yang dapat Anda tawarkan pun beragam. Tidak hanya momen spesial seperti wedding, pre wedding, atau kelulusan saja yang dapat diabadikan. Foto untuk keperluan bisnis seperti foto produk pun dapat Anda tawarkan

Terlebih lagi, zaman sekarang platform yang mengutamakan visual seperti Instagram sangat diminati. Hal tersebut mendorong para penjual berlomba-lomba membuat produknya tampak menarik. Sehingga, tak heran jika jasa foto produk banyak diminati.

7. Menjadi Blogger

Menulis adalah keterampilan dasar yang selalu dibutuhkan dalam profesi apapun. Oleh karena itu, jangan berkecil hati jika Anda hanya memiliki modal kemampuan menulis. Menjadi blogger adalah salah satu opsi bisnis yang cocok bagi Anda yang gemar menulis.

Untuk menjadi blogger, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menentukan topik bahasan untuk situs terkait. Selanjutnya, Anda dapat secara konsisten menulis pada topik yang sama. Topik yang dipilih dapat Anda sesuaikan dengan minat atau hal yang disukai.

Apabila Anda seorang food enthusiast, maka topik kuliner dapat dipilih. Nantinya, Anda dapat memperoleh pendapatan dari iklan ataupun kerja sama dengan brand makanan.

Satu hal yang perlu digaris bawahi adalah komisi tidak akan dapat diperoleh secara instan. Oleh karena itu, diperlukan kekonsistenan. Penting juga untuk Anda memahami mengenai SEO agar pengunjung blog mengalami peningkatan.

8. Jasa Menulis Artikel

Rekomendasi bisnis online untuk pelajar adalah membuka jasa menulis artikel. Apabila menjadi blogger Anda menulis untuk diri sendiri, maka bisnis ini adalah sebaliknya. Membuka jasa menulis artinya tulisan tersebut Anda buat untuk orang lain. 

Hal lain yang membedakannya dengan menjadi blogger adalah komisi dapat Anda peroleh secara instan. Jika artikel yang ditulis telah lolos revisi, maka Anda akan langsung dibayar. Bisnis ini sangat cocok bagi pelajar, karena waktunya yang fleksibel.

Anda dapat menyesuaikan jumlah artikel yang ingin diambil dengan melihat kesibukan di hari itu. Komisi yang akan diperoleh pun sesuai dengan jumlah dan panjang artikelnya.

9. Jual Barang Preloved

Kemudian bisnis online untuk pelajar berikutnya yaitu dengan berjualan barang bekas atau banyak yang menyebutnya barang preloved. Untuk memulainya mudah saja, kamu bisa melihat isi lemarimu atau kamarmu. Carilah beberapa barang yang sudah tidak kamu pakai namun masih bagus.

Selanjutnya untuk menjualnya kamu bisa melakukannya melalui media sosial yang kamu miliki. Dan kamu juga bisa menjual barang-barang preloved milik temanmu. Jadi kamu juga bisa fokus hanya jual beli barang preloved saja.

Baca juga : Cara Promosi Jualan Online agar Cepat Laku

Saat inipun sudah banyak orang yang menjual kembali barang-barang bekas atau yang juga dikenal dengan barang thrif. Namun umumnya yang mereka jual adalah pakaian bekas yang masih layak pakai dan barang tersebut datang dari luar negeri.

10. Jasa Foto Produk

Bisnis online untuk pelajar yang satu ini cocok dilakukan bagi kamu yang menyukai bidang ini. Kamu hanya perlu memiliki modal kamera dan juga keahlian dalam mengambil gambar yang tepat.

Seperti yang kita tahu bahwa bisnis online saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat sehingga banyak penjual online yang pastinya membutuhkan katalog foto produk mereka.

Dan ini bisa dijadikan sebagai peluang kamu untuk membuat jasa foto produk. Untuk memulainya kamu juga bisa bekerja sama dengan teman untuk dijadikan model dalam melakukan bisnis online ini.

Bisnis online untuk pelajar diatas bisa menjadi alternatif referensi bagi para pelajar yang ingin mencari pekerjaan sampingan. Namun disarankan jika ingin sekolah sambil bekerja harus bisa membagi waktu dan tetap berfokus pada pembelajaran disekolah.

Jika Anda sedang membutuhkan sebuah Hosting, silahkan order Hosting di Niagahoster.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com