Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli dan Ciri – Ciri Wirausaha

Seperti yang kita ketahui bersama, menjadi seorang wirausaha bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. 

Terlebih di era modern saat ini, banyak bermunculan wirausahawan baru yang dapat dijadikan sebagai saingan. Lalu sebenarnya apa pengertian wirausaha yang banyak dilakukan oleh masyarakat ini?. 

Baca juga : Memahami Apa itu Bisnis Online dan Jenisnya

Di masa pandemi saat ini, berwirausaha menjadi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan sebagai salah satu peluang usaha mandiri yang menghasilkan.

Pemerintah pun mulai membuka jalan untuk masyarakat yang ingin memulai membuka usaha bersemboyanan “kreatif” dan “mandiri.  

Kehadiran para wirausahawan dijadikan sebagai pendorong perekonomian negara atau sebagai pemegang kunci dalam bidang perekonomian.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli 

1. Menurut Arif F. Hadipranata, menyatakan wirausaha sebagai sosok orang yang berani untuk mengambil risiko dari seluruh kegiatan usaha yang berlangsung 

2. Menurut Soeharto Prawiro, wirausaha yakni sebuah nilai yang penting dan diperlukan sebagai modal awal melakukan sebuah usaha serta pengembangannya. 

3. Menurut Kasmir, pengertian wirausaha yakni seseorang dengan keberanian untuk mengambil risiko dari peluang usaha yang ada dengan harapan seseorang tersebut mampu mendapat pelajaran baru dari peluang yang telah diambil. 

4. Menurut Joseph Schumpeter,  wirausaha yaitu seseorang yang mendapat sebuah kesempatan serta membuatnya menjadi suatu usaha yang menghasilkan.

5. Menurut Thomas W. Zimmerer, wirausaha adalah penerapan sebuah kreativitas dan inovasi untuk memecahkan permasalahan. 

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Wirausaha

Sebelum membuka usaha, pastikan bahwa anda mengetahui beberapa hal penting seperti pengertian wirausaha, kelebihan dan kekurangan serta ciri – ciri wirausaha dengan baik. Kelebihan dan kekurangan tersebut ialah : 

1. Kelebihan

  • Mengasah kreativitas, potensi diri dan lain sebagainya
  • Membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat
  • Menghasilkan keuntungan yang besar
  • Memiliki kualitas kepemimpinan
  • Mampu mengatur waktu dengan baik

2. Kekurangan

  • Kesulitan untuk membuat keputusan yang penting karena berdampak pada usaha yang sedang dibangun
  • Ketidakpastian waktu untuk menghasilkan keuntungan
  • Beban pekerjaan menjadi lebih berat
  • Semakin banyak kemampuan yang harus diasah untuk membuka sebuah usaha 

Kelebihan dan kekurangan menjadi wirausahawan dapat dijadikan sebagai referensi untuk anda yang ingin membuka sebuah usaha. 

Baca juga : 4 Cara Promosi Jualan Online agar Cepat Laku

Terdapat beberapa tujuan dari berwirausaha yakni membangun karakter wirausaha, membangun kesejahteraan masyarakat, menyebarkan pengaruh wirausaha serta menjadikan seseorang yang lebih berkualitas dalam berwirausaha. 

Ciri – Ciri Wirausaha 

1. Percaya diri 

Menjadi wirausahawan harus selalu memiliki kepercayaan diri. Anda harus memiliki sikap berani dan percaya diri bawasanya usaha yang dijalankan akan menjadi sukses. Kepercayaan diri akan mendukung usaha berjalan terus maju dan lebih termotivasi.

2. Berfikir positif 

Berfikir positif menjadi kunci jika anda ingin memulai berwirausaha. Pikiran yang positif memudahkan anda dalam mengambil keputusan untuk membuka usaha di bidang apapun. 

3. Selalu menatap masa depan 

Ketika menjadi seorang wirausahawan anda akan selalu berfikir untuk perkembangan usaha di masa mendatang. Sebagai contoh langkah tepat yang harus diambil guna menciptakan terobosan baru dalam usaha yang dijalankan di masa mendatang. 

4. Berani mengambil risiko 

Sebagai seorang wirausahawan harus berani dalam mengambil risiko dikarenakan risiko akan selalu datang setiap anda mengambil keputusan baik kecil maupun besar. Tidak menutup kemungkinan pula akan bermunculan kegagalan dan kerugian dalam usaha tersebut. 

Beberapa hal tentang berwirausaha telah diberikan untuk anda, mulai dari pengertian wirausaha, kelebihan dan kekurangan, tujuan dan ciri – ciri menjadi wirausaha yang baik. Tidak perlu ragu untuk memulai usaha, tanamkan niat dalam diri dan rasa percaya diri yang tinggi dalam membuka usaha. 

Baca juga : 4 Cara Promosi Jualan Online agar Cepat Laku

Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
RajaBackLink.com
RajaBackLink.com